Senin, 20 Februari 2012

Apakah Anda Siap Pensiun?

Senin, 20/02/2012 06:57 WIB
Apakah Anda Siap Pensiun? 
Yosephine P Tyas - detikFinance





Dalam dunia perencanaan keuangan baik didalam maupun diluar negri Dana Pensiun/Pension Fund ini merupakan variable yang sangat penting dan hampir selalu menjadi bagian dari Perencanaan Keuangan seorang client, tentunya yang sudah aware mengenai pentingnya Perencanaan Keuangan.

Kalau disimpulkan dan dilihat dari sejumlah fakta, ada beberapa hal yang membuat orang tidak aware atau tidak terlalu memikirkan soal Dana Pensiun :

1. Umur masih muda

Karena merasa umur masih muda, atau masih jauh dari usia pensiun, atau malah belum tau atau terbayang akan pensiun di usia berapa, maka Dana Pensiun adalah sesuatu yang dianggap tidak major atau tidak urgent. Masih jauh, masih puluhan tahun lagi, jadi merasa sekarang lebih baik dinikmati saja, karena masih banyak kebutuhan lain yang dirasa lebih penting.

2. Gaji dirasa cukup besar

Saat gaji cukup atau sangat besar, terkadang membuat seseorang lupa bahwa suatu hari nanti dia tidak akan mendapatkan gaji sebesar itu lagi. Gaji yang besar itu membuat seseorang merasa kebutuhannya pasti bisa di-cover dan tidak merasa akan kurang, dan rasanya orang tersebut juga berpikir bahwa ia masih terus dapat bekerja dan menghasilkan gaji yang lumayan walau sudah tua.

3. Pendapatan pas-pasan
Bagi sejumlah orang yang dikemukakan adalah bagaimana mau memikirkan dana pensiun, untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah pas atau malah kurang.

4. Dana Pensiun dari perusahaan

Beberapa alasan yang dikemukakan jika ditanyakan mengenai persiapan Dana Pensiun, jawabannya adalah "Oh sudah ada, disediakan dari perusahaan" jadi kalau sudah ada dari perusahaan untuk apa dipikirkan lagi, selama loyal di perusahaan itu, dananya akan cair di usia pensiun yang ditentukan.

Mungkin ada sejumlah alasan lain yang membuat orang tidak memikirkan atau menganggap Dana Pensiun tidak terlalu penting. Tapi sebenarnya alasan apapun itu Dana Pensiun tetap perlu disiapkan dari usia semuda mungkin (usia produktif) mulai dari gaji pertama anda, seberapapun besarnya gaji anda saat ini yang tidak akan bisa menjamin ter-cover-nya kebutuhan anda nanti jika semua habis digunakan untuk expense yang bersifat konsumtif, dan walaupun saat ini anda sudah memiliki Dana pensiun dari perusahaan anda, anda perlu mengetahui berapa nanti yang akan anda terima sehingga bisa diketahui kekurangannya dan menyiapkan kekurangannya itu.

Like once said, "If you fail to plan, you plan to fail!"

Yosephine P. Tyas S.Kom, MM, RFA® -Senior Associate Advisor AFC

(qom/qom)
Sumber:
http://finance.detik.com/read/2012/02/20/065708/1846239/722/apakah-anda-siap-pensiun
◄ Newer Post Older Post ►