Selasa, 21 Februari 2012

IAKMI BANTU PEMKAB. HSS MENCEGAH FLU BURUNG

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Hulu Sungai Selatan mengadakan aksi sosial kampanye pencegahan penyakit flu burung dan demam berdarah, kegiatan tersebut dipusatkan di pasar unggas desa baluti Kecamatan Kandangan. Pasalnya, penyakit flu burung telah sampai di 2 kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan dan mengingat penyebarannya sangat cepat. Yulianto Kusuma. N, SKM, M.Kes selaku Ketua IAKMI cabang HSS menambahkan banyaknya kasus demam baerdarah yang melanda HSS sebanyak 132 lebih kasusnya juga melatarbelakangi diadakannya kegiatan tersebut. “Bahkan saat ini telah muncul kasus penderita difteri di HSS, meskipun dengan angka yang kecil namun hal tersebut perlu diwaspadai”, imbuh Yulianto.

Kegiatan tersebut mengambil tempat di pasar unggas, selain bisa langsung mengumpulkan masyarakat khususnya pedagang unggas juga dekat dengan jalan menuju ke pasar yang dapat dilalui masyarakat. Kegiatan diisi dengan penyuluhan dari Dinkes dan Dinas Perikanan dan Peternakan, serta pemberian bubuk abate untuk membasmi jentik nyamuk aidesaigepty.

Wakil Bupati H Ardiansyah, S.Hut selaku katua Palang Merah Indonesia (PMI) Hulu Sungai Selatan turut hadir dan apresiet terhadap IAKMI karena mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam rangka memberi info yang penting terhadap penyakit flu burung dan demam berdarah.

Dalam sambutannya, Wabup mengingatkan kepada masyarakat agar memanfaatkan kegiatan yang diadakan IAKMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perikanan dan Peternakan untk menanyakan pencegahan, cara mengatasi dan hal-hal yang bisa dilakukan guna menghindari penyebaran penyakit tersebut. Wabup juga menghimbau, agar masyarakat tidak ragu-ragu untuk datang ke puskesmas atau ke puat kesehatan lain ketika menemukan gejala-gejala gangguan kesehatan apalagi yang berkaitan dengan flu burung, demam berdarah da difteri, mengingat bahaya dan penyebarannya yang sangat cepat.

Wabup juga menambahkan, agar pedagang menjaga kebersamaan dan tidak mudah terpancing emosi, mengingat lokasi mereka berjualan didekat jalan raya, yang banyak dilalui pengguna jalan lain.

Secara swadaya dan atas ijin dari pemerintah daerah serta dana yang berhasil dihimpun dari sponsor, pada kegiatan tersebut IAKMI juga menyerahkan bantuan berupa MPASI biskuit kepada PAUD Tarbiyatul Furqan dan makanan kaleng untuk pesantren Tarbiyatul Furqan yatim piatu dan anak terlantar, yang diserahkan secara simbolis oleh Wabup.(iras_hms)

◄ Newer Post Older Post ►