Selasa, 21 Februari 2012

Lantik Kades Guminigrejo Di Balai Desa

Suhud secara resmi akhirnya terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) Guminingrejo, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan setelah telak memenangkan sebanyak 928 suara dengan rivalnya saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada tanggal 22 Januari 2012 lalu. Pelantikan Kades berlangsung secara khidmat dan lancar, kemarin (16/2), langsung dipimpin oleh Bupati Fadeli bertempat di balai desa setempat.
           Pejabat desa yang merupakan mantan ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Guminingrejo tahun 2007-2007 itu, secara sah telah mendapatkan sebanyak 928 suara dibandingkan rivalnya yaitu Suyati yang hanya mendapatkan 149 suara pada Pilkades lalu.
“Saya ucapkan selamat dan sukses semoga dalam kepemimpinannya ini wilayah Guminingrejo yang mayoritas penduduknya adalah sebagai petani dan peternak bisa berjalan bersinergi,” ujar Fadeli dalam sambutannya.
Lelaki kelahiran Lamongan, 9 Januari 1971 itu menggantikan posisi Nur Khasanah sebagai PJ yang menjabat sekitar 8 bulan karena suaminya yang Kades di tempat tersebut meninggal dunia.
Pada Pilkades lalu, hak pilih telah yang ada mencapai 1.401 suara namun yang hadir 1.112 orang. Sehingga yang tidak hadir menjadi 289. Setelah melalui tahap penghitungan di dapati suara sah 1.077 dan tidak sah 35 suara. Sehingga perolehan suara pada Suhud 928 suara dan Suyati 149 suara.
“Ini merupakan bentuk demokrasi khususnya di wiliyah Guminingrejo yang telah terbukti berjalan sukses. Saya berharap setelah ini segera disusun APBDesa. Karena Pemab Lamongan sendiri selalu tepat waktu menyusun APBD. Seperti APBD tahun 2012 yang selesai disahkan pada Desember 2011. Sementara sekitar 100 kabupaten kota lain di Indonesia saat ini belum selesaikan APBD. Ketepatan waktu penyusunan APBD ini menjadi salah satu dasar Lamongan menerima Dana Insentif Daerah dari pemerintah pusat,” kata Fadeli.
Fadeli menambahkan, tahun 2013 mendatang akan terjadi pemilihan besar-besaran Kepala Desa, yaitu hampir sekitar 300 orang. Bupati juga berpesan kepada Kades terpilih beserta stafnya untuk tertib dalam bekerja. “Upayakan jam kantor agar tertib jangan hanya masuk jam 8 lantas pulang jam 10. Kantor harap dimanfaatkan sebagai fasilitas pelayanan kepada masyarakat, apalagi saat ini sedang menyelesaikan program Pemerintah Pusat dalam mensukseskan E-KTP,” pungkasnya.
Sementara itu data dari Bagian Pemerintahan Desa menyebutkan, ada 8 orang jabatan Kades yang kosong. Yaitu Desa Jabung-Laren dijabat PJ, Desa Pasi-Glagah dijabat PLT, Desa Dagan-Solokuro Kades Definitifnya Meninggal Dunia (MD), Desa Rejotengah-Deket MD, Desa Baturono-Sukodadi MD, Desa Pelang-Kembangbahu MD, Desa Plumpang-Sukodadi MD, dan Desa Kakatpenjalin-Ngimbang MD. Dengan demikian Kades definitif  ada 454 orang dari Kades se-Lamongan yang jumlahnya 462 orang.

◄ Newer Post Older Post ►