Selasa, 21 Februari 2012

Peserta LGC II Belajar Ke Surabaya

Sebanyak 234 RT peserta Lamongan Green and Clean (LGC) II yang megambil tema waste lover kemarin (19/2) diberangkatkan Sekkab Yuhronur Efendi dari Pendopo Lokatantra menuju Kota Surabaya. Mereka selanjutnya akan melakukan studi pengelolaan lingkungan di 12 lokasi di Kota Surabaya.
            Sejumlah 234 RT se Kabupaten Lamongan itu terdiri dari 17 RT dalam kategori   maju, 172 RT kategori berkembang dan 45 RT sebagai RT perintis. Kategori yang disebut terakhir adalah RT-RT  yang belum pernah ikut dalam LGC Jilid I Tahun 2011 dan baru pertama  ikut. Sementara diantara lokasi tujuan wisata lingkungan itu adalah Kampung Gundih, Lidah Wetan, Manyar, Asem Rowo dan Gubeng di Ngagel.
            “Sama sekali diluar dugaan, bahwa dalam LGC yang pertama lalu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Lamongan. Kemudian peserta kali ini bahkan melebihi ekspektasi panitia. Hal ini menunjukkan masyarakat Lamongan sudah menyatakan bahwa lingkungan yang indah dan bersih adalah kebutuhan masyarakat. Bukan kebutuhan pemerintah, “ ujar Yuhronur Efendi.
            Kini, lanjuut dia, peserta LGC II akan focus pada pengelolaan sampah. Karena menurut dia, untuk persoalan pengelolaan lingkungan, masyarakat Lamonga sudah demikian bagus.
            Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat Aris Wibawa mengungkapkan, khusus untuk peserta kategori maju memang akan dikhususkan untuk belajar pengelolaan sampah. “Di Surabaya nanti, kami akan fokus pada inovasi masyarakat setempat terkait pengelolaan sampah. Sehingga inovasi di Surabaya bisa diterapkan di Lamongan, “ ujarnya.
 
◄ Newer Post Older Post ►