Selasa, 21 Februari 2012

PROGRAM KERJA DAN ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KELAUTAN DAN PERIKANAN KEPULAUAN SULA TAHUN 2012

Visi dan Misi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sula.
          Visi :
Terwujudnya Pembangunan Kelautan Dan Perikanan Berkelanjutan,
Berbasis Ekosistem Kepulauan Dengan Memanfaatkan IPTEK,
Sebagai Pilar Utama Dan Meningkatkan Ekonomi Daerah
Dan Kesejahteraan Masyrakat.

Misi :
Untuk mencapai visi tersebut diatas, maka misi pembangunan Kelautan dan Perikanan yang harus dilaksanakan yaitu sebagai berikut :
  • Mewujudkan Otonomi Daerah disektor kelautan secara nyata dan bertanggung jawab, khususnya untuk pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis sumber daya alam. Hal ini merupakan suatu peluang daerah untuk dapat mengolah potensi sumberdaya laut, pemberian kemudahan investasi, mengembangkan usaha makro, kecil dan menengah serta pembentukan koperasi Perikanan dan menciptakan sistem pemasaran komoditi Perikanan antar Propinsi, umumnya ke pasaran ekspor komoditi Perikanan sebagai upaya mewujudkan Otonomi Daerah disektor kelautan. 
  • Menjadikan sektor Kelautan dan Perikanan sebagai mata pencaharian utama untuk masyarakat Kepulauan Sula. Hal ini merupakan proses menjawab dinamika kehidupan sosial masyarakat Kepulauan Sula yang dalam hal mata pencaharian, selama ini masih mengikut pola musiman yang mengakibatkan kebanyakan masyarakat bermata pencaharian ganda selain sebagai petani mereka juga  sebagai nelayan. Untuk itu diharapkan sektor kelautan dan perikanan menjadi Leading Sector bagi Masyarakat Nelayan Kabupaten Kepulauan Sula. 
  •  Meningkatkan pengelolaan potensi sumberdaya perikanan dan Kelautan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan Masyarakat. Dengan mengembangkan potensi Perikanan ungulan yang dimiliki serta optimalisasi pengelolaan sumberdaya perikanan secara produktivitas sumberdaya yang berkesinambungan. 
  •  Menciptakan sumberdaya manusia perikanan yang berkualitas, kreatif, inovatif, produktif dan berdaya saing dengan upaya melaksanakan pelatihan-pelatihan keterampilan nelayan, magang dan studi banding yang diharapkan dapat meningkatkan sumberdaya yang kreatif, produktif dan berdaya saing. 
  •  Menciptakan kondisi usaha yang kondusif serta proses pelayanan yang baik bagi investor Perikanan. Dengan melibatkan peran serta seluruh Stekeholder yang berkecipung dalam bidang Perikanan di Kabupaten Kepulauan Sula. 
  •  Memanfaatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi (IPTEK) dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan. Khususnya dalam melaksanakan fungsi Pengelolaan sumberdaya Perikanan yang lebih efektif dan efisien dengan mengunakan Teknologi yang lebih maju, melalui sarana dan prasarana Perikanan yang lebih moderen, untuk meningkatkan laju produksi perikanan. Hal ini untuk menjawab tantangan pengelolaan sumberdaya Perikanan yang selama ini masih di lakukan dengan pola-pola tradisional. 
  •  Meningkatkan konstribusi Kelautan dan Perikanan bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penerimaan Devisa.
 Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka dilakukan beberapan program kerja yang selanjutnya dapat dijabarkan melalui berbagain proyek kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.
Program pembangunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sula dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1.  Pengembangan Perikanan Tangkap; 
  2.  Pengembangan Perikanan Budidaya; 
  3.  Pengembangan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan; 
  4.  Pengembangan Sumberdaya Manusia Nelayan Maupun Aparatur; 
  5.  Pengembangan Sistem Pengendalian Sumberdaya Perikanan dan Kelautan; 
  6.  Pengembangan Statistik Perikanan; 
  7.  Pengembangan Sistem Penyuluhan Perikanan;
Selanjutnya ditetapkannya arah pengembangan kebijakan melalui implementasi produksi kawasan pengembangan, yaitu sebagai berikut :
  1. Penetapan Kawasan Unggulan, terkait Eksistensi Kawasan Sentra Produksi (KSP) yang ditetapkan dengan maksud untuk mengembangkan sistem agribisnis yang bertumpu pada sumberdaya lokal, berorientasi lokal maupun keluar dengan melibatkan semua masyarakat agribisnis. Beberapa KSP bidang kelautan adalah  : 1) KSP Ikan Pelagis di Taliabu dan Mangoli. 2) KSP Ikan Pelagis Kecil di Sulabesi, Taliabu dan Mangoli. 3) KSP Ikan Demersal di Mangoli dan Taliabu. 4) KSP Budidaya Rumput Laut dan Ikan di Sulabesi dan Taliabu. 
  2. Penetapan kawasan tertinggal yang meliputi wilayah Pulau Sulabesi bagian Selatan dan Barat, Pulau Mangoli bagian Barat, Timur dan Utara dan Pulau Taliabu bagian Timur, Selatan dan Utara. Tujuannya  untuk mengetahui penyebab ketertinggalan dan adanya upaya langkah alternative dalam mengatasi permasalahan tersebut. 
  3. Penetapan pengembangan Kawasan Minapolitan dengan dibentuknya kelompok kerja (Pokja) untuk menjalankan Program/Kegiatan Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Kepulauan Sula, yang orientasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, percepatan pengembangan wilayah dan peningkatan keterkaitan desa dengan kota.
◄ Newer Post Older Post ►