Jumat, 17 Februari 2012

Teknik Landscape Fotografi



Quote:
Fotografi landscape : biasa disebut dengan foto pemandangan / foto lanskap
Quote:
Fotografi landscape

aktivitas pemotretan yang dilakukan secara out-door (luar ruangan) untuk mengabadikan keindahan alam yang indah dan menakjubkan seperti hamparan sawah, pegunungan, hutan, pantai, sungai serta objek menarik yang ada di alam raya
fotografi landscape erat hubungannya dengan petualangan, tour atau traveling
[quote]
Spoiler for sedikit penjelasan
Fotografi landscape :
menampilkan aspek visual dan aspek emosional dari objek yang di potret atau diabadikan
” Suatu rekaman visual yang mampu bercerita mengenai daya tarik utama, keunikan dan semangat kegembiraan yang dialami dari sudut pandang yang unik dan mengesankan ”
Aspek visual cenderung memberikan “greget visual” dari foto yang dihasilkan, sedangkan dari aspek emosional berhubungan dengan suasana objek yang diabadikan atau dipotret.

Dalam pemotretan landscape walau tampak mudah, memerlukan suatu pemikiran yang tajam agar dapat merekam ciri khas setiap lokasi. Semakin tinggi kemampuan dalam hal mengidentifikasi ciri khasnya, semakin berhasil kita merekam semangat dan emosi dari lokasi tersebut ke dalam foto.

Foto landscape mengajak penikmat foto untuk menikmati pemandangan yang telah kita lihat. Maka dalam foto landscape harus mampu menghadirkan rekaman alam yang memiliki semangat hidup (spirit of nature).
Quote:
[/QOUTE]

Foto landscape terdiri dari pemandangan daratan/lanskap (landscape), pemandangan pantai dan laut (seascape), pemandangan gunung dan dataran tinggi (mountainscape), dan pemandangan bawah laut (under-water world).

Sebuah pemandangan memiliki berberapa unsur penting seperti tanah (padang, gunung), air (laut, pantai, danau, aliran sungai), tumbuhan (pepohonan, rumput), dan langit (awan, cuaca). Setiap pemandangan memiliki unsur-unsur ini dalam susunan dan proporsi berbeda. Hal inilah yang memberikan ciri khas sebuah pemandangan.

Langit (dengan penampilan awan) memiliki peranan penting bagi keseluruhan gambar karena menempati ruang gambar secara dominan. Kecerahan langit serta bentuk dan irama awan akan memberikan kesan tersendiri. Sebuah pemandangan selalu memiliki ekspresi. Bagian penting yang memberikan ekspresi adalah bentuk dan susunan awan saat itu.

Perubahan alam juga menjadi bagian ekspresi sebuah pemandangan. Gejala alam seperti mendung, hujan, matahari terbit atau terbenam, bulan purnama dapat membentuk ekspresi berbeda bagi sebuah pemandangan. Sama seperti perubahan roman wajah manusia.

Pemotretan landscape (pemandangan) sebisa mungkin hindari unsur obyek manusia. Mengapa obyek manusia sangat mengganggu? Karena orang tidak dapat menikmati alamnya (hanya tampak sebagai latar/background), dan orang akan melewatkannya begitu saja bila merasa tidak kenal dengan orang-orang yang ada didalam foto.
Selain itu, foto landscape yang berisi gambar orang (tanpa memiliki relevansi, apalagi bergaya), tidak / kurang layak dipublikasikan.

Fungsi obyek manusia dalam pemotretan landscape biasanya berlaku sebagai pembanding. Misalnya ketinggian tebing, besarnya ombak, atau hal lainnya. Itu pun harus di tampilkan secara hati-hati dan wajar. Sehingga tidak merusak komposisi foto.
Bila obyek manusia tersebut memang menarik, usahakan saat pemotretan, mereka berlaku wajar. Caranya dengan mencuri-curi atau istilahnya candid atau dengan meminta ijin disertai informasi untuk tetap melaksanakan aktivitas secara wajar.
Quote:
ni contoh jepretan ane terkait fungsi objek manusia, ane jepret di lereng Merapi gan
Spoiler for jepretan1, lereng Merapi


Tips-tips Memfoto Landscape
Spoiler for tips-tips
Teknik foto landscape :
1. Tentukan lokasi
2. Menyusun peralatan yang ideal
3. Pengaruh pencahayaan
4. Kemampuan teknis dan pengamatan
5. Pemahaman kamera SLR 35mm
6. Pemilihan lensa
7. Penggunaan ASA / ISO
8. Pemilihan film (B/W atau Colour)
9. Tripod & filter
10. Kepekaan artistik (sense of art)
11. Memotret dengan dimensi
12. Keterangan foto 


Berikut beberapa Jepretan ane:
Spoiler for pascaerupsi Merapi1

Spoiler for pascaerupsi Merapi2

Spoiler for pascaerupsi Merapi3

Spoiler for alas pinus Imogiri

Spoiler for Bukit Menoreh

Spoiler for jembatan Progo
◄ Newer Post Older Post ►