Jumat, 15 Mei 2009

Review: BYON M3311 G/C2D - T2450


Akhir Februari 2008 kemarin saya putuskan untuk mencoba membeli laptop merek lokal. Setelah cari sana-sini akhirnya saya putuskan mencoba merek BYON dari astrindo. Kebetulan laptop ini bisa saya beli menggunakan fasilitas Belanja Mandiri dari Bank Mandiri. Setelah lama menunggu pesanan datang dari Astrindo Jakarta, akhirnya 22 Maret 2008 datang juga si BYON.

Pertama kubuka kemasannya, sangat menarik boxnya. Spesifikasinya juga sangat menarik dan cukup bagi menemani kerja :



Dengan harga yang tidak terlalu tinggi (saat itu Rp. 7.499.000,-) merek BYON ini sudah lebih dari cukup memenuhi selera saya. Stabilitas yang tinggi serta kekuatan baterai yang prima sampai saat ini (sekitar 5 bulan pemakaian). Mungkin kekurangannya hanya kenapa OSnya Microsoft® Windows® Vista™ Starter bukan yang Home atau Premium :)

Layanan dukungan bagi hardwarenya juga sangat bagus, semua driver dalam CD yang disertakan bisa berjalan dengan baik dan sempurna. Menariknya lagi, CD Driver yang disertakan memberikan pilihan untuk Microsoft® Windows® Vista™ sehingga saat saya coba install OS ini kemudian driver-drivernya, berjalan dengan mulus.



Kalau melihat dalam website Astrindo, maka sangat terlihat bahwa sebenarnya BYON ini merupakan produk OEM dari Asus karena semua produk Notebook Asus ada di BYON dengan tampilan yang sama hanya beda merek doang. Tapi tak apalah, yang penting performa dan kehandalannya bisa dibanggakan.

Sebagai catatan, notebook BYON M3311 G/C2D - T2450 punya saya ini saya pakai seperti memakai komputer personal desktop saya. Setiap hari minimal 6 jam BYON ini hidup dan selalu saya selang-seling menggunakan daya baterai dan listrik. Daya WiFi belum saya coba optimal karena jarangnya hotspot di Blitar.

Oke, selain kelemahan di OS yang menyertainya hanya versi Starter, kelemahan lain adalah di touchpad mousenya lumayan susah dalam menggunakannya karena gerakan mouse terkadang sangat lambat. Tapi kendala ini bisa diatasi dengan memasang eksternal mouse USB. Kelemahan lain adalah di badan notebook tepatnya dibawah keyboard kalau digunakan diatas 30 menit sudah terasa panas ditangan sehingga tidak nyaman. Notebook lain yang pernah saya punya sebenarnya juga sama panasnya, hanya ini lebih panas sehingga saya menggunakan Notebook Coolpad untuk mendinginkan.

Mengenai customer support, sudah saya coba by email atau telepon ke Astrindo, sangat cepat dan membantu sekali. Jadi kalau anda punya keinginan membeli notebook merek lokal, BYON bisa menjadi salah satu pilihan anda (bukan promosi… wong saya nggak dibayar Astrindo he..he..he…). Ingat merek lokal bukan berarti bikinan lokal lo… Kalau anda ingin beli Asus dengan nuansa lokal ya pilih saja BYON!

sumber:http://www.setyaputra.org/2008/08/23/review-byon-m3311-gc2d-t2450/

◄ Newer Post Older Post ►