Minggu, 24 April 2011

Kawin Keroyokan??

Topik kali ini saya mau ngebahas soalan perkawinan hamster secara keroyokan, umunya para hamster lovers semua mengawinkan hamsterkan dengan cara berpasangan, misalnya betinanya hitam jantanya putih... betul ....? Atau betinanya coklat jantannya putih ...... .... saya tidak menyalahkan system seperti ini, semua benar, intinya hamster bisa punya anak iyakan...

Mari kita flashback dulu dimana titik harga jual tertinggi hamster itu ?
-Pertama dari jenisnya (robo,syrian,....dll...)
-Kedua dari warnanya
-Ketiga jenis kelamin..... dll....

Baca lagi dimarihhhhh ........

Ketika saya mengawinkan hamster saya dengan cara berpasangan warna² bayi yang dikeluarkan kurang menarik, kalopun ada panda pasti cuma 1 paling banyak 2, dan kalopun banyak warnanya ya cuma itu²aja, Kemudian hamster betina akan bersikap setia dengan yg jantan sehingga rada sulit untuk dikawinkan dengan yang lain, kalopun mau harus penyesuaian dulu atao kalo emang pada gak sudi "dipaksa" cakar²-an deh mereka yg kalo gak ketahuan tau² besok dah ancur perutnya. mati tuh indukan...

Strategi seperti ini saya pikir kurang menguntungkan, dan lambat .......... maka saya mengubah strategi dengan membuat system kawin campur aduk. pertama emang sih ini "Just" eksperimen belaka. tapi hasilnya ternyata bagus² warnanya dan variatif pertama saya mencoba yg murahan dulu syrian lumayan bagus terdongkrak dengan variasi warna jadi mahal deh...

Komposisi terserah kemampuan atau rencana pertama saya beli 15 induk 5 pejantan, Wkwkwkwkkk... lumayan lemez juga tuh pejantan ngelayanin 15 betina, warna yg saya pilih untuk perkawinan "kroyokan" ini semua polos.... diantaranya pejantan albino putih polos, betina hitam polos, betina coklat polos, betina, pejantan hitam ... dll yg rata² polos semua bukan panda dari hasil ini saya memperoleh anakan rata² panda...

kalo mau panda hitam putih ya polos hitam sama putih induknya walopun bisa saja coklat keluar dari sini yaaa...... tapi karena saya mengejar warna bisa ajakan mereka kawin bergantian betina secara sporadis dan anaknyapun keluar aneka ragam warna so kalo lagi panen betina keluar panda cuma 3 bayi kali 15 indukan kan mayan 45 bayi panda, coba kalo kawinkan cuma berpasangan gak mungkinkan dapet segitu banyak padahal panda termasuk favorit di pasaran.

Nah teman² semua disinilah maksud saya mengawinkan hamster dengan cara "keroyokan", syarat²nya :

1.Ada kandang yg mencukupi untuk mereka semua (*soal dalam jumlah yang lumayan)

2.Hamster harus sejenis (*warna beda gak apa²). kalo lain biasa berqantem walo dah dibedakin

3.Jangan gunakan indukan panda untuk mainan warna seperti ini tapi yang polos² aja.

4.Usahakan ada pejantan albino putih polos karena napsunya nih jantan gede dibanding yang lain

5.Seminggu sekali periksa perut hasmter betina yg rajin...

6.kalo dah gendut angkat dan balik liat diperutnya ada hitam²nya gak kalo ada di sendirikan di kandang bersalin apa lagi disertai galak artinya postip hamil tuh indukan

Keuntungan dengan system keroyokan seperti ini disamping warna yang beraneka ragam, hamsterpun mudah menyesuaikan diri dengan pejantannya/mudah dijodohkan dengan pejantan lain karena sudah biasa di asramanya dulu didikannya kroyokan :-P

Berkembang biaknya akan bersirkulasi artinya hasi ini anda menjual 30 hamster , dikandang bersalin sudah ada bayi hamter yang menanti dijual begitu seterusnya, dan ingat plend membuat sirkulasi bekerja dengan baik itu susah....

Resikonya kalo sirkulasi tidak bekerja maka biasanya teman² semua tidak akan mengalami moment hamster langka, artinya teman² kalo panen pas semua peternak² lain juga panen so harga segitu doang, tp kalo peternak lain kosong pasti teman² juga kosong... kalo sirkulasi bternak teman² berjalan dengan baikkan tidak demikian,artinya ada masa² hamster di cari sulit tetapi teman² ready stock so teman² bisa bermain harga seperti be²rapa bulan yang lalu solo dan jogja sempat kosong hamster sekelas "syrian" (* padahalkan terkenal dengan hasmter murahan) kok bisa ya...??? .. maka disinilah peternak hasrus paham .....

Peringatan dari saya , sebentar lagi masuk bulan juni, jaga stock hamster jangan di obral dulu/sampai kosong karena liburan panjang akan masuk bulan ini, biasanya pasar hewan pengunjungnya naik, dan supplay kurang karena peternakpun juga mau senang² sama anak²nya...

Oke seginih dulu aja ya.. kalo mau tanya silahkan di koment dibawah ini, secepatnya saya jawab sesuai dengan pengalaman yg saya lakukan..... Good luck
◄ Newer Post Older Post ►