Minggu, 11 Desember 2011

Memanfaatkan Kulit Kakao Sebagai Pakan Ternak


Kulit buah kakao merupakan limbah agroindustri yang berasalah dari tanaman kakao yang umumnya dikenal dengan tanaman coklat. Komposisi buah kakao terdiri dari 74% kulit, 24% biji kakao dan 2% plasenta. Setelah dilakukan analisis proksimat, kakao mengandung 22% protein dan 3 – 9% lemak (Nasrullah dan Ela, 1993). Kulit buah kakao dapat dimanfaatkan sebagai substitusi suplemen 5 – 15% dari ransum pada ternak domba dan pada ternak sapi dapat meningkatkan pbbh 0,9 kg/hari dengan diolah terlebih dahulu. Kulit buah kakao perlu difermentasi terlebih dahulu untuk menurunkan kadar lignin (Anonim, 2001).
Kulit kakao dapat diolah dengan cara dilakukan fermentasi terlebuh dahulu maupun tanpa perlakukan fermentasi. Namun sangat dianjurkan  untuk difermentasi terlebih dahulu sebelum di berikan sebagai pakan ternak, karena  kulit kakau yang sudah dfermentasi nilai gizi akan ter upgrade.  Fermentor yang dapat digunakan untuk proses fermentasi dapat menggunakan RAGI TAPE JERAMI Caranya yaitu kulit kakao dipotong dan dicincang terlebih dahulu, kemudian dibasahi dengan  RAGI TAPE JERAMI dan selanjutnya ditutup dengan karung goni maupun menggunakan plastik. Setelah kulit kakao terfermentasi kemudian dikeringkan selama 2 – 3 hari untuk kemudian digiling menjadi tepung sebagai bahan pakan penguat ternak kambing, sapi dan bahkan dapat dimanfaatkan untuk ternak ruminansia seperti ayam dan babi.
·                         .Fermentasi dinyatakan selesai manakala muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda berikut ini:
1.              Timbul bau wangi karamel (seperti bau gula yang digoreng tanpa minyak).
2.              Muncul kapang/jamur berkelompok berwarna putih atau kuning.
3.              Saat wadah diraba, terasa temperatur hangat.
·                         Setelah itu, buka tutup wadah untuk dikeringanginkan dan siap dihidangkan ke hewan peliharaan. Jangan ditutup lagi karena bisa menyebabkan proses fermentasi berlanjut. Jika fermentasi terlalu lama, pakan bisa menjadi terlalu lembek dan aromanya menjadi terlalu kuat.
1 botol Ragi Tape Jerami cukup untuk memfermentasi 1000 kg bahan pakan (1 ton). Harganya yang murah meriah namun kenyataan manfaatnya yang terbukti nyata InsyaAlloh memberi pencerahan buat kawan-kawan para bebek mania di seluruh Indonesia.
Volume: 500 gr/botol (1 dos isi 25 botol)
◄ Newer Post Older Post ►