Selasa, 08 Juni 2010

Minat Lulusan SLTA Masuk USU Meningkat

Minat masyarakat lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi terutama masuk Universitas SumateraUtara dinilai semakin meningkat.

“Jumlah peserta pendaftar tahun ini yang mencapai 35.675 orangmenunjukkan bahwa minat peserta UMB 2010 USU meningkat cukup signifikan.Karena bila dibanding tahun sebelumnya jumlah peserta UMB hanya berkisar 28ribu orang,” kata Rektor USU Prof Dr dr Syahril Pasaribu, di Medan, Sabtu[5/6].

Tahun 2010 ini, UMB diikuti 12 PTN se Indonesia yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas SumateraUtara (USU). Universitas Andalas (Unand), Universitas NegeriPadang (UNP),Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas NegeriJakarta (UNJ), UniversitaIslam Negeri Jakarta, Universitas Islam NegeriMakasar, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Negeri Semarang.

Itu dikatakan rektor pada acara pengukuhan dua Gurubesar USU masing-masing atas nama Guru Besar Fakultas Hukum Prof Dr Sunarmi SH, MHumdan Gurubesar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Prof DrSyafruddin Ilyas M.Biomed.

Lebih lanjut rektor mengatakan, pihaknhya merasa bersyukur karena telah melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011 jalur Ujian masuk bersama (UMB) yang berjalan dengan sukses dan tanpa halangan yang berarti.

Dibalik itu, sebagai panitia lokal kami tetap menyadari bahwa suksesnya penyelenggaraan UMB dengan baik tersebut, tidaklah semata atas kemampuan dan pengalaman USU dalam menata ujian seleksi, namun juga atas berkat dukungandari seluruh masyarakat dan stakeholder “Meningkatnya minat masyarakat mendaftar di USU menujukkan bahwakepercayaan para orang tua menitipkan anaknya untuk melanjutkan studinyakejenjang S-1tetap tinggi,” katanya.

Masih berkaitan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru, lanjutnya,dalam waktu dekat ini USU juga akan melaksanakan satu agenda nasional lagi.Agenda tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi negeri(SNMPTN). Jadwal penyelenggaraan ujian SNMPTN ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Juni 2010.

Untuk tahun ini pelaksanaan SNMPTN melibatkan 57 PerguruanTinggi Negeri dengan jumlah pendaftar mencapai 20 ribu orang lebih. “Dari segi kuantitas jumlah peserta tahun ini juga melampaui tahun sebelumnya.kita Berharap agar pelaksanaan SNMPTN tahun ini juga berjalandengan lancar,” katanya. (beritasore.com)
◄ Newer Post Older Post ►