Minggu, 29 Agustus 2010

Inilah Kronologis Meletusnya Gunung Sinabung

Inilah Kronologis Meletusnya Gunung Sinabung - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memaparkan kronologis meletusnya Gunung Sinabung dan perkembangan gunung yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Sekretaris Daerah Sumut RE Nainggolan di Medan, Minggu (29/8/2010), mengatakan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Karo untuk memantau perkembangan aktivitas Gunung Sinabung pada 28 Agustus 2010.

Ia merincikan, pukul 08.00 WIB hanya terlihat asap putih tipis dengan ketinggian sekitar 200 di atas Gunung Sinabung dan tertutup kabut pada pukul 16.00 WIB.

Dari koordinasi itu ditetapkan Gunung Sinabung sebagai gunung bertipe "B" atau tidak memiliki karakter meletus secara magnetik tetapi harus dipantau sepanjang hari untuk mengamati perkembangan yang terjadi.

Pada pukul 19.00-24.00 WIB tidak terpantau adanya asap dari bawah sehingga disimpulkan Gunung Sinabung tidak menunjukkan peningkatan kegiatan.

Namun tanpa diduga sama sekali, gunung itu menunjukkan kegiatan peningkatan dengan adanya suara gemuruh pada Minggu, 29 Agustus 2009 dinihari pukul 00.08 WIB.

Dengan adanya peningkatan kegiatan itu, pada pukul 00.10 WIB diputuskan untuk dilakukan evakuasi atau pengungsian pengungsian warga yang berada di sekitar Gunung Sinabung.

Pada pukul 00.12 WIB terlihat letusan asap dengan ketinggian 1.500 meter serta abu hitam yang disertai lontara lava pijar ke arah barat daya dan selatan serta jatuhan abu halus piroklastik.

Semburan lava pijar itu juga menyebabkan puncak hingga sekitar dua per tiga lereng Gunung Sinabung terbakar.

Letusan utama terjadi sekitar 10-15 menit dan titik api masih terlihat hingga pukul 02.00 WIB pada ketinggian 1.200 dan 1.400 meter.

Pada pukul 02.40 WIB, titik api terlihat padam dan terlihat tumpukan abu putih kotor dengan ketebalan tiga sentimeter di Dusun Simacem, Desa Bekerah yang berlokasi sekitar 4 Km dari puncak Gunung Sinabung.

Setelah itu, cuaca terlihat cerah dan Gunung Sinabung mulai terlihat jelas mulai pukul 03.00 WIB meski ada asap tipis hingga pukul 06.00 WIB.

Meski demikian, pemerintah, khususnya Pemprov Sumut tetap mengirimkan berbagai bantuan, baik berupa makanan, obat-obatan mau pun petugas untuk membantu masyarakat. "Karena itu, kami mengharapkan masyarakat tetap tenang," katanya. (kompas.com)

◄ Newer Post Older Post ►