Senin, 30 Agustus 2010

Pengungsi Gunung Sinabung Mulai Sakit

Ratusan pengungsi korban letusan Gunung Sinabung yang ditampung di Posko Jambur Lige, Kabanjahe, mulai terserang penyakit. Tak kurang dari 47 warga di rawat di pos kesehatan posko umumnya menderita sesak nafas dan masuk angin.

Menurut petugas kesehatan, dr Sirila Tarigan, gangguan pernafasan banyak dikeluhkan para pengungsi. "Abu vulkanik yang berterbangan dan cuaca dingin membuat kesehatan pengungsi menurun," kata Sirila Tarigan, Senin (30/8).

Pengungsi yang terserang penyakit kebanyakan adalah orang lanjut usia dan balita. Kondisi penampungan yang serba darurat membuat mereka rentan terserang penyakit.

Jambur Lige saat ini menampung sekitar 900 jiwa yang berasal dari desa-desa di sekitar kaki Gunung Sinabung. Pendataan di Posko Jambur Lige hingga Senin dini hari belum begitu bagus, karena warga bisa datang dan pergi tanpa lebih dulu dicatat petugas Kabupaten. "Data belum pasti bang," kata Atemalem, petugas jaga di Posko Jambur Lige.

Dari pantauan di lapangan, pendataan dan penanganan pengungsi di Jambur Lige, Kabanjahe belum sebaik posko pengungsi di Jambur Taras Brastagi. (inilah.com)
◄ Newer Post Older Post ►