Sabtu, 11 Desember 2010

Indoleaks Juga Terbitkan Dokumen Rahasia Soeharto dan Nixon

wandinews.com - Situs pembocor rahasia versi Indonesia, Indoleaks (www.indoleaks.org) memuat transkrip pertemuan Presiden Soeharto dengan Presiden AS Richard Nixon dan Menlu Henry Kissinger pada 26 mei 1970.

Situs yang beberapa hari terbit itu kini sudah tidak bisa diakses. Namun, semua link dokumennya masih bisa diperoleh dan dimunculkan di sebuah situs komunitas terbesar Indonesia. Belum terkonfirmasi keasilan dokumen-dokumen tersebut.

Dokumen percakapan Soeharo-Nixon yang bersifat rahasia (secret/sensitive) itu antara lain berisi laporan Soeharto mengenai pemberantasan komunis di Indonesia. Salah satunya juga termuat pertanyaan Nixon apakah mahasiswa Indonesia terpengaruh komunis.

Soeharto menjawab para mahasiswa sudah mendapat doktrin Orde Baru. Bahkan mereka juga dilibatkan dalam proyek pemerintah di perdesaan, seperti protyek pertanian.

Situs Indoleaks sudah menyajikan tujuh dokumen yang dianggap rahasia. Selain mengenai percakapan Soeharto dengan Nixon dan Kissinger, situs Indoleaks juga memuat laporan Tim Kerja Kasus Munir di Paripurna DPR RI serta temuan dan rekomendasi tim kepada Presiden.

Selain itu juga dimunculkan juga dokumen berisi catatan percakapan antara Soeharto dan Presiden AS Gerald Ford di Camp David pada 5 Juli 1975, lima bulan sebelum invasi Timor Timur. Serta laporan Kedubes Amerika terkait isu Timor Timur pasca penyerangan gerilyawan Timor Timur yang menewaskan 18 anggota ABRI di bandara Dili. Termasuk operasi-operasi militer yang muncul akibat "pembalasan" dari insiden tersebut. (inilahCom)
◄ Newer Post Older Post ►