Minggu, 19 Desember 2010

Inilah Strategi Filipina Lawan Indonesia

wandinews.com - Beberapa jam lagi partai penentuan Indonesia lawan Filipina akan digelar. Pertandingan kali ini merupakan ajang hidup-mati bagi keduanya, terutama bagi tim Filipina yang harus mengandaskan perjuangan tim tuan rumah apabila ingin melaju ke babak Final Piala AFF 2010.

Kemenangan, diakui pelatih Filipina, Simon McMenemy, adalah harga mutlak bagi timnya. Ia pun menyiapkan strategi khusus untuk menahan laju Okto Maniani dan kawan-kawan. "Pada pertandingan sebelumnya, kami melakukan kesalahan, tapi itu bukan masalah. Kami buat santai dan tidak terbebani. Strategi masih sama aja," ujar McMenemy, Minggu (19/12/2010), saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta.

Ia menyatakan, timnya akan bermain menyerang. Namun, alur serangan Filipina tidak akan dibangun dari menit awal. "Kami harus bersabar jangan sampai peluang terbuang percuma. Kami tidak akan menyerang dari menit pertama," ungkap pelatih asal Inggris ini.

Pada menit-menit awal, Filipina akan menyerang apabila Indonesia berhasil mencetak gol terlebih dulu. "Babak pertama, kami harus ambil alih permainan, sejauh kami bisa. Kami akan bermain dengan karakter kami yang rapat dan disiplin. Kalau kami bisa bermain dengan itu, maka kemenangan bisa tercapai," ungkap McMenemy.

Striker timnas Filipina, Phil Younghusband, juga mengakui bahwa timnya tidak akan gegabah dengan mendobrak pertahanan Indonesia sejak peluit ditiupkan. "Kemungkinan 20 menit pertama kami akan bertahan sambil cari-cari peluang. Kalau kondisi masih 0-0 sampai babak pertama usai, kami kemungkinan akan ambil alih pertandingan karena harus mencetak gol. Strateginya bisa saja dengan pergantian pemain tengah," ungkap pemain berusia 23 tahun jebolan dari akademi sepak bola Chelsea ini. (kompas.com)
◄ Newer Post Older Post ►