Kamis, 09 Desember 2010

Road Train, Bisa Nyetir Sambil Tidur

wandinews.com - Jangan heran jika suatu saat nanti ketika anda sedang berada di Eropa melihat seseorang sedang tidur saat mengendarai mobil. Sejumlah perusahaan otomotif dan beberapa perusahaan terkait dengan masalah transportasi di Eropa sedang mengembangkan sistem Road Train.

Siste ini memungkinkan kita tidak perlu lagi konsentrasi untuk mengendarai mobil.

Sistim ini tetap membutuhkan seseorang dengan mobil yang bisa dijadikan penunjuk jalan (disebut dengan Lead Vehicle) dan telah dipasang sebuah sensor.

Sistim ini seperti bebek dimana anak-anak bebek selalu mengikuti kemana si induk pergi.

Jadi dengan sistim Road Train ini, ketika anda mau bersantai, anda cukup mendekati mobil yang berada dalam jalur sistem Road Train dan secara otomatis, sistim akan mengambil alih kemudi dan mengikuti mobil yang ada di depannya sehingga anda bisa baca koran dan tidak perlu memperhatikan jalan.

Jumlah mobil yang bisa tersambung dengan sistim Road Train ini bisa beberapa dimana target pertama setidaknya lima mobil bisa ikut di bagian belakang Lead Vehicle.

Road Train sendiri menjanjikan selain aman, kita juga bisa cepat karena sistim ini bisa berjalan di atas kecepatan maksimum 90 km per jam.

Ketika anda merasa sudah sampai tujuan atau berbeda arah, anda cukup keluar dari jalur Road Train dan otomatis sistim akan mati dan kembali ke posisi manual.

Road Train saat ini masih dalam pengembangan dan diharapkan dapat diuji coba pada tahun 2012 nanti dengan kemampuan untuk menangani lima mobil di belakang Lead Vehicle.

Proyek ini merupakan kerjasama antara Sartre dengan Volvo dan beberapa perusahaan lainnya, total sekitar 7 perusahaan. (inilahCom)
◄ Newer Post Older Post ►