Selasa, 23 Desember 2008

Antisipasi Penyebaran Virus Lewat FlashDisk

Sa’at ini virus semakin marak, khususnya virus-virus buatan dalam negeri. Dan virus-virus tersebut juga meningkatkan kekuatan diri supaya tidak mudah di lumpuhkan. Efek dari Virus sebagian besar adalah merusak data-data komputer dan merusak system komputer. Dari sudut pembuat Virus, Apa sih sebenarnya Obsesinya mereka membuat Virus?? Jawaban ini adalah beragam menurut dari hasil pengamatan saya dan hasil dari referensi dari sumber-sumber lain mereka membuat Virus diantaranya bisa didasari sekedar mencari kepuasaan diri seperti ingin mendapat pengakuan dari public atas kemampuan atau kelompok mereka di salah satu bidang IT, Ingin sekedar menguji keahlian mereka sendiri, Sengaja mencari sasaran tertentu untuk di hancurkan melalui virus yg mereka buat, dan masih banyak alasan lain lagi mengapa mereka membuat virus.

Virus bisa menyebar dari Flasdisk, Email, sa’at Download file, dan Browsing atau sa’at kita melakukan buka-buka website.Virus bisa menyebar melalui FlashDisk jika system dalam keadaan autorun atau di dalam FlasDisk itu ada file yg terjangkit virus tetapi user tidak paham file tersebut telah terjangkit virus dan si user menjalankan File tersebut.

Dibawah ini salah satu Trik menghindari Menyebarnya Virus melalui Flasdisk :

* Menonaktifkan AutoRun System Windows

1. Matikan autorun system dengan mengubah registri windows caranya klik tombol start-run lalu di Run ketik Regedit, dan muncul jendela registri

2. Pada jendela regitri sisi kanan ada bebrapa pilihan HKEY_CURRENT_USER, nah klik tanda plus dan muncul pilihan berderet kebawah, lalu pilih dan klik Software -> klik Microsoft -> Klik Windows -> Klik CurrentVersion -> Klik Polices -> Klik Explorer lalu pada sebelah kanan double klik NoDriveTypeAutoRun dan muncul jendela Edit DWORD Value lalu pada Kotak Value Data Ubah Nilai angka menjadi 95 kemudian Klik OK.

3. Lakukan LogOff PC anda

4. Selesai

◄ Newer Post Older Post ►