Kamis, 21 Februari 2013

Trik Menata Kamar Tidur Sempit

Jika ukuran kamar tidur Anda kecil, atau Anda tinggal di kamar kost yang tidak terlalu besar, beberapa trik dekorasi ini bisa membuat barang-barang Anda terorganisir lebih baik, sekaligus menjadikan kamar lebih nyaman ditempati. 

Wadah Baju Kotor 
Untuk menghemat tempat, daripada menggunakan wadah baju kotor berbentuk keranjang, coba gunakan yang bisa digantung di pintu lemari atau di tembok kamar. Jangan lupa cari yang warna dan motifnya serasi dengan kamar Anda. 















Penyimpanan Perhiasan 
Jangan biarkan perhiasan dan aksesori Anda tergeletak sembarangan atau bercampur satu sama lain. Cangkir dan piring kecil bisa dimanfaatkan untuk alat penyimpanan. Alasi laci dengan kain bertekstur, misalnya beludru, untuk memberi aksen rapi sekaligus mencegah piring dan cangkir bergeser-geser. Simpan aksesori di dalam masing-masing cangkir dan piring, atau cantelkan anting di mulut cangkir. 












Putar Matras 
Ini berlaku untuk semua kamar, baik kecil maupun besar. Pastikan Anda membalik kasur setiap 3 bulan supaya lebih awet. Membalik kasur tak hanya menukar posisi atas ke bawah, tapi juga posisi kepala ke kaki. Agar tak bingung, tandai kasur dengan nama bulan saat Anda membaliknya, sesuai dengan posisi kasur saat itu. 













Laci Aksesori 
Daripada membiarkan pernak=pernik seperti dasi, jam tangan, manset, dan sebagainya bercampur di laci, coba gunakan sekat-sekat pemisah seperti ini
















Gantungan Sepatu Boots 
Pengoleksi sepatu boots pasti paham sulitnya menyimpan sepatu boots di kamar berukuran kecil. Beberapa tempat menjual "cedar boot trees" alias kayu pengganjal sepatu boots, untuk mempertahankan bentuk sepatu. Pasang pengait di atasnya, dan gantung di lemari atau di mana pun yang memungkinkan. Tak punya "cedar boot trees"? Anda bisa kreatif dan membuatnya sendiri dari batang kayu. 













Rak Sepatu 
Rak sepatu berbentuk laci terlihat lebih rapi (dan lebih higienis) bila Anda harus menaruh sepatu-sepatu Anda di dalam kamar. 

















Gantungan Ikat Pinggang 
Anda bisa memakai gantungan biasa, atau memodifikasi gantungan baju kayu dengan memasangkan 4-5 kaitan dan menggantung ikat pinggang Anda di sana. 
















Tangga Pengganti Meja 
Kamar sempit, meja di sisi tempat tidur pun kecil, namun barang yang harus ditaruh banyak. Coba gunakan tangga kecil. Selain nyentrik, tangga juga lebih fungsional untuk menyimpan berbagai macam barang. Di tingkat teratas bisa ditaruh lampu baca, tingkat berikutnya bisa disimpan jam weker dan ponsel, tingkat berikutnya mungkin kacamata atau dekorasi seperti vas bunga, dan tingkat bawah bisa













Meja Kerja 
Jika Anda membutuhkan meja kerja di kamar, benda-benda seperti jam weker, buku, lampu, dan sebagainya bisa disimpan di sini saja. Cari bangku yang bisa disusupkan masuk ke kolong meja saat tak digunakan, untuk membuat kamar tetap lega. (source:yahoo.com)
◄ Newer Post Older Post ►