Rabu, 16 Maret 2011

Pulsar 220: Kaya Fitur, Harga Bersaing!


PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) yakin, Pulsar 220 yang baru saja diluncurkan bisa bersaing di segmen premium sepeda motor nasional menghadapi Honda Tiger dan Yamaha Scorpio. Senjata utamanya, fitur yang kaya dan harga lebih kompetitif sampai Rp 6 juta-an. Pulsar 220 dibanderol Rp 18,6 juta on the road Jakarta.

Lampu Proyektor
Fitur-fitur menarik dari sepeda motor ini—beberapa di antaranya belum ditemukan pada pesaingnya—yaitu panel instrumen yang mengombinasikan peraga analog (tachometer) dan digital (speedometer). Informasi yang ditampilkan ialah dua trip meter, indikator bensin, kecepatan, saringan udara, suhu oli, volume oli, dan baterai.

Masih di panel instrumen, untuk keamanan, ditanamkan pula indikator standar samping yang menyala jika belum ditekuk ke dalam (saat berkendara). Lampu sein dilangkapi dengan sensor otomatis yang bisa mati setelah kita selesai membelokkan setang, mirip dengan yang digunakan pada mobil. Lainnya, lampu utama (headlights) bergaya proyektor mirip dengan yang digunakan mobil-mobil mewah keluaran terkini.

"Kami selalu memberikan nilai tambah lebih pada sebuah produk. Harga yang kami tetapkan untuk Pulsar 220 merupakan nilai paling pas untuk sebuah sepeda motor sport: jangan lebih mahal atau murah," papar Wakil Presiden Direktur BAI Dinesh Kulkarni.

Tanpa Kick Starter
Kendati punya banyak fitur, ternyata masih ada kebutuhan pengendara lain yang tidak dimiliki sepeda motor ini, yaitu starter kaki (kick-starter). Hampir semua sepeda motor sport di Indonesia menggunakannya. Konsumen Indonesia pun sudah terbiasa menggunakannya (terutama bila baterai soak).

Tanpa starter kaki, pengendara harus memberikan perhatian ekstra memerhatikan elemen baterai.


Spesifikasi Pulsar 220
Mesin
Tipe 1-sli, 4-langkah, pendingin udara
Diameter x langkah 67 x 62,4 mm
Kapasitas 220 cc
katup per silinder 2
Pasokan bahan bakar Karburator, UCAL UCD32
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Tenaga maks. 21,4 OS @8.500 rpm
Torsi maks. 19,12 Nm @7.000 rpm
Transmisi
Kopling Basah, pelat majemuk
Jumlah percepatan gigi 5
Pola perpindahan gigi 1 naik, 2, 3, 4 dan 5 turun
Perbandingan gigi primer 3,47 (66/19)
Perbandingn gigi akhir 2,571 (36/14)
Sasis
Suspensi depan
Teleskopik 130 mm
Suspensi belakang Nitrogen, travel 90 mm
Rem depan
Cakram 260 mm
Rem belakang
Cakram 230 mm
Ban depan 90/90x17" (tubeless, kompon lunak)
Ban belakang
120/80x17" (tubeless, komponen lunak
Tangki bensin
15 liter
Dimensi
Panjang 2.035 mm
Lebar 750 mm
Tinggi 1.165 mm
Jarak sumbu roda 1.350 mm
Jarak terendah 165 mm
Ketinggian sadel 795 mm
Berat 150 kg
Kelistrikan
Baterai 12 volt, 9 Ah
Lampu depan 55 watt
Lampu belakang LED
◄ Newer Post Older Post ►