Jumat, 21 Desember 2012

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan agar segala kegiatan sehari-hari dapat kita lakukan dengan optimal pula. Tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang salah satunya hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang kita miliki yang memiliki berbagai fungsi yang tidak dapat tergantikan dengan organ lainnya.

Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat penting seperti melwan infeksi yang menyerang tubuh anda, memproses makanan yang telah di serap dari usus kita, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah, membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda. Dari berbagai fungsi hati yang telah disebutkan diatas, kita akhirnya mengetahui betapa penting fungsi hati dalam tubuh anda. Oleh karena itulah, tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan tips mudah menjaga kesehatan hati anda.

Berikut ini 7 Cara mudah menjaga kesehatan hati

1. Menjaga kesehatan hati dimulai dari makanan yang kita makan 

Makanan yang baik untuk hati anda yaitu bawang merah, bawang putih, Sayur-sayuran (kembang kol, kubis, selanda air, sawi hijau), biji-bijian (gandum dan beras merah), kunyit, teh hijau, kedelai dan anggur merah.

2. Batasi Asupan Kalori

Tips menjaga kesehatan hati yang kedua dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh anda. dalam hal ini membatasi berbagai makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

3. Hindari Minuman Alkohol

Anda sebaiknya menghindari berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol. Minuman yang mengandung alkohol tersebut dapat berpengaruh sangat buruk pada metabolisme organ hati yang anda miliki.

4. Berhenti Merokok

Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok, menjauhi asap dan berbagai cairan beracun. Karena asap-asap yang mengandung racun tersebut akan masuk ke pembuluh darah kecil dalam paru paru anda dan akan di bawa ke organ hati. Kemudian mengalami detoksifikasi dan di hilangkan di empedu.Oleh karena itulah, jumlah dan konsentrasi bahan kimia tersebut harus dikontrol untuk mencegah kerusakan hati anda.

5. Mencuci Tangan 

Tips yang kelima yaitu dengan mencuci tangan dengan bersih yaitu dengan sabun dan air yang bersih setelah buang air besar dan sebelum menyiapkan berbagai makanan yang akan anda konsumsi. Agar kesehatan hati anda tetap terjaga.

6. Hindari Strees

7. Komsumsi Buah dan sayur secara rutin
◄ Newer Post Older Post ►