Jumat, 21 Desember 2012

7 Mengobati Sakit Gigi Dengan Cara Tradisional


Sakit gigi memang sangatlah mengganggu. Jika kita mengalami sakit gigi, rasanya semua badan juga serasa sakit. Dan apabila sakit gigi yang kita alami sudah sangat parah, jalan terbaik adalah pergi ke dokter gigi. Namun bagi anda yang sedang mencari obat tradisional untuk mengobati sakit gigi, simak lebih lanjut artikel ini.

Hal ini dikarenakan tidak semua jenis sakit gigi harus diselesaikan dengan jalan pencabutan gigi, kecuali jika sudah parah sekali. Dan tidak semua obat sakit gigi harus berasal dari dokter gigi atau hanya sekadar parasetamol yang sudah umum digunakan untuk penghilang rasa nyeri. Beberapa bahan-bahan tradisional ini juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

1. Bawang putih
Bawang putih dipercaya untuk meredam sakit gigi selama ratusan tahun oleh nenek moyang kita. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menghaluskan satu hingga dua siung bawang putih kemudian dicampur garam secukupnya. Selanjutnya taburkan ke area gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih setiap paginya.


2. Bawang Merah
Seperti halnya bawang putih, menurut penelitian ahli kesehatan gigi, bawang merah juga dapat mengatasi sakit gigi. Ini dikarenakan bawang merah mengandung senyawa anti bakteri sehingga dapat mengusir bakteri-bakteri di gigi. Caranya cukup sederhana, yakni mengunyah bawang merah selama 3 menit setiap hari. Lakukan secara rutin sampai nyeri gigi berkurang.


3. Jeruk Limau
Jeruk limau memiliki kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Beragam manfaat yang bisa didapat dari jeruk limau ini adalah mencegah gigi berlubang, menghentikan pendarahan pada gusi, mencegah pembentukan plak gigi, dan meredakan rasa nyeri sakit gigi.


4. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh juga ampuh dalam meredakan sakit gigi dan mengurangi infeksi gigi. Ini dikarenakan minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptik. Caranya adalah, oleskan minyak cengkeh ini pada bagian gigi yang sakit.


5. Tepung Lada
Tepung lada sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan gigi, mengatasi bau mulut, radang gigi, gigi sensitif, dan mencegah gigi berlupang. Caranya siapkan tepung lada secukupnya dan kemudian dicampur dengan 1/4 sendok teh garam. Oles pada daerah yang sakit.


6. Cabai Hijau
Cabai pedas ini ternyata dapat dijadikan obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya juga cukup mudah, potong ujung cabai hijau secukupnya kemudian dibakar sampai panas. Diamkan hingga dingn cabai hijau yang telah panas, kemudian tempelkan pada daerah gigi yang sakit. Lakukan proses ini secara rutin dua kali sehari.


7. Biji Alpukat
Manfaatkan biji alpukat setiap anda mengonsumsi buah alpukatnya dengan mengolah bijinya menjadi obat sakit gigi tradisional. Caranya siapkan biji alpukat lalu keringkan dengan cara disangrai. Setelah disangrai, biji alpukat tersebut dihaluskan sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk biji alpukat tersebut ke daerah gigi yang sakit kemudian tutup dengan kapas.
◄ Newer Post Older Post ►