Jumat, 28 Desember 2012

Evolusi Logo "Yahoo" dari Masa ke Masa



Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan search engine “Yahoo”. Sekarang Kita akan napak tilas bagaimana perjalanan logo Yahoo! sejak 1994. Ya, inilah evolusi logo Yahoo! selama lebih 15 tahun terakhir ini:


1994: Tanpa logo



Pada awalnya, Yahoo! tidak punya logo sama sekali. Ya, Yahoo! saat itu bukan Yahoo! seperti yang Anda kenal sekarang ini. Para pendiri, dua orang mahasiwa pascasarjana Universitas Stanford yang memutuskan menunda penyelesaian disertasinya, membuat sebuah direktori yang berisi situs-situs web kesukaan mereka dan dinamakan “Jerry’s Guide to the Web“. Situs direktori itu sendiri sangat sederhana, praktis dan gampang digunakan. Satu tahun kemudian, barulah direktori tersebut berubah nama jadi Yahoo! yang juga sekaligus merupakan nama perusahaan.

1995: Logo “Y” guy

Setelah Yahoo! menjelma dari sekadar hobi menjadi perusahaan start-up, kami butuh sesuatu untuk menghiasi pintu kantor dan baju kaos perusahaan. Didesain oleh David Shen, karyawan ke-17 Yahoo! saat itu, dan satu-satunya ahli di desain di perusahaan, logo ini menggambarkan seseorang yang melompat kegirangan setelah menemukan apa yang ia butuhkan di Yahoo! Lingkaran warna biru yang berada di tengah merepresentasikan dunia. Beberapa saat kemudian, Shen bermitra dengan Organic Online, sebuah biro iklan, untuk mendesain logo-type yang baru. Pasalnya, Yahoo! memerlukan logo yang horizontal agar lebih menghemat tempat ketimbang versi vertikal ala “Y” guy.


1995: Menjelma jadi merah



Kami memutuskan logo harus memiliki unsur “kehidupan”, sehingga, masih pada tahun 1995, kami memutuskan untuk menggunakan warna merah menyala. Pilihan ini bukan sekadar berdasarkan alasan estetik. Kami juga memilih ini mengingat warna merah bisa tampil lebih optimal di semua jenis monitor dan komputer pada saat itu –di mana pada saat itu terjadi sedikit masalah dalam tampilan warna-warna lainnya.


1996: Tahun baru, logo baru


Setelah dilakukan penyempurnaan di sana-sini, akhirnya kami meluncurkan logo Yahoo! warna merah di semua halaman situs kami pada 1 Januari 1996.




1996: Ungu untuk internal

Sementara merah menjadi wajah Yahoo! untuk seluruh para pengguna, secara internal kami melakukan desain ulang. Tahun 1996, kami mencabut versi “Y” guy and menyulapnya menjadi menjadi versi ungu yang menjadi sangat terkenal di kemudian hari. Kami menggunakan logo ungu untuk semua urusan seperti poster atau pernik-pernik lain lainnya.


1997-2004: Teori big bang


Logo yang berupa singkatan Yahoo!, yang dikenal sebagai “Y-Bang”, pada awalnya didesain pada tahun 1997 untuk tombol di Yahoo! Toolbar. Tahun 2004, kami bermitra dengan biro iklan Ogilvy untuk meredesain Y-Bang dan menciptakan sebuah versi dengan “Y” berwarna putih di bagian tengah ranah berbentuk oval dan berwarna ungu plus tanda seru di bagian kanannya. Y-Bang ungu kini menjadi logo singkatan resmi yang bisa Anda lihat di seantero situs Yahoo!


2009 - sekarang: Menghiasi dunia dengan ungu


Kami juga menampilkan logo ini di setiap halaman di seluruh jaringan kami. Standarisasi sepuitar logo ungu ini akan menghadirkan pengalaman yang konsisten bagi semua pengguna Yahoo! dan akan memperkuat brand Yahoo! dalam memasuki dekade berikutnya.



◄ Newer Post Older Post ►