Senin, 10 Desember 2012

Cara Membuat Rendang

cara membuat rendang
Resep cara membuat rendang - Masakan rendang merupakan jenis makanan yang nikmat, biasanya banyak dijumpai di warung masakan padang karena masakan rendang ini identik sebagai masakan khas padang. Rendang dapat dibuat sendiri di rumah anda,jikalau mema ng tidak sempat membuat sendiri anda tinggal beli di warung padang pun harganya sangat terjangkau.

Namun tidak ada salahnya suatu waktu anda mencoba membuat rendang sendiri di rumah sambl mengasah kemampuan memasak anda. Resep cara membuat rendang tidak serumit yang anda bayangkan, hanya dalam proses memasak rendang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena proses memasaknya cukup lama.

Membuat rendang daging sapi misalnya, dalam memasak rendang daging sapi setidaknya waktu ynag dibutuhkan untuk membuat daging sapi matang dan kuah rendang menjadi kental dan berminyak memerlukan waktu yang tidak sebentar, namun jika berhasil maka waktu dan kesabaran anda akan terbayar dengan masakan rendang nikmat yang telah anda masak. Cara membuat rendang memerlukan beberapa bahan sebagai berikut :
  • Daging sapi yang telah dipotong sedemikian rupa sesuai selera secukupnya
  • kelapa parut sangrai 2 sendok makan
  • santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
  • serai 2 batang, memarkan
  • daun kunyit 2 lembar
  • daun jeruk 2 lembar
  • pekak 1 buah
  • minyak goreng 2 sendok makan

Sedangkan bumbu untuk membuat rendang sebagai berikut :

cabai merah 150 gram
cabai rawit sesuai selera
kemiri 5 butir
bawang merah 10 butir
kunyit 1/2 cm
jahe 1 cm
garam secukupnya
bawang putih 6 siung
jinten 1/2 sendok teh
ketumbar 1 sendok teh

Itu tadi beberapa resep bahan dan bumbu untuk membuat rendang, selanjutnya untuk cara membuat rendang nya sebagai berikut :
  1. Pertama yang dilakukan adalah mulailah untuk memanaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.

  2. Kemudian mulai masukkan daging sapi tadi, aduk hingga berubah warna.

  3. Selanjutnya masukkan santan kelapa yang telah anda siapkan tadi dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak bahan dan bumbu tadi di atas api yang sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.

  4. Kecilkan api dari keadaan semula, tunggu hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan.

  5. Terakhir adalah segera angkat masakan rendang anda tadi dan siap untuk disajikan.
◄ Newer Post Older Post ►