Sabtu, 30 Maret 2013

7 Makanan Efektif Untuk Pencernaan

7 Makanan Efektif Untuk Pencernaan
Dalam memilih makanan terbaik untuk kesehatan pencernaan, mungkin yang terpenting adalah makanan itu tidak menyebabkan gejala atau keluhan apa pun.

Dengan kata lain, makanan yang bagus itu bisa membuat proses pencernaan lebih mudah. Apa saja makanan yang bagus dan makanan yang sebaiknya dihindari demi pencernaan sehat? 


Berikut 7 Makanan Efektif Untuk Pencernaan

1. Sayur dan buah

Makanan ini adalah sumber serat yang akan melancarkan proses pencernaan dan pembuangan. Sebaiknya kita mengonsumsi serat 20 - 30 gram setiap hari atau setara dengan 5-7 sajian buah dan sayur.


2. Biji-bijian utuh

Sumber makanan biji-bijian utuh antara lain beras merah dan gandum. Namun nasihat ini mungkin tidak berlaku untuk mereka yang punya penyakit kronik seperti sakit celiac atau sensitif pada gluten.


3. Pisang

Pada dasarnya semua jenis buah bagus untuk pencernaan, tetapi pisang sangat dianjurkan karena tidak mengiritasi perut. Buah ini juga disarankan untuk mereka yang sedang menderita diare atau mual dan muntah.


4. Air

Konsumsi air yang cukup sangat diperlukan untuk membantu pencernaan sehat.


5. Jahe

Herbal dan rempah seperti jahe, pepermint, atau turmeric adalah sahabat bagi perut yang sedang bermasalah. Buatlah teh jahe untuk meredakan gangguan pencernaan.


6. Sumber probiotik

Probiotik mengandung bakteri baik yang akan mengembalikan keseimbangan bakteri jahat di usus. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bakteri hidup seperti yogurt dan kefir.


7. Sumber prebiotik

Prebiotik adalah sumber makanan probiotik yang diperlukan untuk bakteri baik. Prebiotik ditemukan pada biji-bijian utuh, bawang, asparagus, dan kacang lentil.
◄ Newer Post Older Post ►