Minggu, 24 Maret 2013

7 Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 Menit

7 Teknik Melenturkan Tubuh dalam 5 MenitKetika seseorang dalam waktu yang lama pada posisi tertentu, terkadang tubuh merasa jadi lebih kaku. Sewaktu seseorang bekerja dikantor, beberapa orang berada di posisi duduk dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan tubuh terasa kaku dan lebih berat.

Supaya badan tidak terasa lebih kaku dan berat maka perlu melakukan pelenturan badan, berikut ini merupakan cara atau teknik untuk melenturkan badan dalam waktu yang boleh dibilang singkat.

1. Melakukan peregangan otot pada kaki, pinggang dan sekaligus tangan

Lakukan peregangan pada kaki, pinggang dan tangan sekaligus. Caranya cukup mudah, yakni berdiri dengan merentangkan kaki, setelah itu bungkukkan badan sambil ayunkan tangan keatas dan kebawah efektif menjadikan tubuh terasa lebih lentur.


2. Posisi belakang

Dengan teknik meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang, bahu terbuka, memperkuat otot punggung mampu merangsang sistem saraf pusat. Berbaringlah secara telungkup dengan meletakkan kening di lantai, lengan disamping, kaki lurus dan telapak tangan keatas. Bersamaan dengan itu tarik napas, tubuh bagian atas, kepala, kaki dan lengan diangkat dari lantai. Kemudian tahan dan selanjutnya turunkan perlahan-lahan.


3. Penekukan badan kedepan

Cara pelenturan tubuh dengan teknik menekuk badan ke depan ini sangatlah mudah, cukup dengan merenggangkan paha belakang serta otot punggung efektif menenangkan sistem saraf. Dengan cara duduk pada lantai atau diatas matras sambil meluruskan kedua kaki kedepan, selanjutnya membungkukkan badan diikuti dengan menarik napas dapat membantu merilekskan beberapa otot yang kaku dan tegang.


4. Senam Yoga untuk peregangan

Beberapa gerakan dari senam yoga dapat berguna untuk melenturkan tubuh. Dengan melaksanakan beberapa gerakan yoga dalam waktu beberapa menit dipercaya sangat ampuh menjadikan tubuh lebih lentur.


5. Gerakan triangle

Merenganggakan beberapa otot pada paha belakang serta otot tulang belakang mampau meningkatkan mobilitas pada bahu. Cukup dengan berdiri serta merentangkan kaku dan membungkukkan badan diikuti menarik napas dapat menjadikan tubuh terasa lentur hanya dalam beberapa menit saja.


Dengan melenturkan beberapa otot yang kaku tidak hanya mengurangi rasa pegal / tidak nyaman, namun dengan melakukan peregangan otot dibeberapa bagian tubuh mampu melancarkan peredaran darah sehingga badan tidak mudah terasa pega dan linu.
◄ Newer Post Older Post ►