Minggu, 24 Maret 2013

7 Tips Merawat Printer

7 Tips Merawat Printer
Printer merupakan sebuah alat yang saat ini sangat dibutuhkan, namun sayangnya printer sangat sensitif dan mudah rusak pada bagian Cartridge. dan harga untuk mengganti dan membeli Cartridge sangatlah mahal dan bisa setengah dari harga printernya.


Walaupun demikian, jangan putus asa, untuk memperlambat masa rusaknya Cartridge pada printer, anda dapat melakukan tips berikut ini. 




Adapun 7 Tips Merawat Printer sebagai berikut


1. Usahakan untuk mencetak setiap hari

Minimal dinyalakan saja setiap hari. ini berguna agar tinta tidak mengendap di Cartridge yang membuat tinta tidak bisa keluar. jika sudah terlanjur mengedap, silahkan anda coba merendam Cartridge di air hangat sampai tinta yang mengendap keluar. lalu bersihkan, dan  printer bisa digunakan kembali


2. jangan mencetak dalam jumlah banyak sekaligus

Misalkan anda mencetak 300 lembar, jangan langsung mencetak semuanya dalam 1 kali perintah. karena hal ini bisa membuat Cartridge cepat panas. anda bisa mencetak 10 atau 20 lembar, kemudian printer di istirahatkan sebentar, selama 10 atau 15 menit. baru anda gunakan lagi.


3. jangan terlalu sering melakukan cleaning

Hal ini akan membuat tinta menjadi boros, karena pada dasarnya cleaning itu menyedot tinta dari cadride.


4. bersihkan bagian printer secara teratur

Bersihkan bagian-bagin printer secara teratur, satu bulan sekali atau satu minggu sekali. hal ini akan mencegah benda asing masuk seperti debu, yang bisa merusak printer.


5. Jangan sering ganti merek tinta

Hal ini dapat merusak cadride, karena berdasarkan pengalaman saya, merk tinta yang berbeda bisa membuat tinta tidak mau campur.


6. Penempatan Tinta Infus pada printer

Usahakan letak Infus tinta sejajar dengan Cartridge pada printer anda, hal ini mencengah terjadinya kebocoran atau kelebihan tinta karena keseimbangannya kurang


7. Hati hati mengganti tinta

Jika Cartridge printer anda tidak menggunakan botol infus, maka saya sarankan untuk berhati-hati saat mengisi ulang tinta jika sudah habis. upayakan jangan sampai berlebihan sehingga Cartridge dapat mengalami kebocoran.


Mungkin itu dulu sedikit tips dari saya, bila anda mempunyai tips-tips yang berguna lainnya, silahkan share disini.
◄ Newer Post Older Post ►