Jumat, 18 Januari 2013

Tehnologi Keren ; Kaca Mobil Berteknologi Touch Screen

Saya jujur tidak tahu seperti dan bagaimana tehnologi ini. Loh kenapa ? Karena belum punya mobil jadi tidak tahu hal hal yang berkaitan dengan kaca mobil. Jadi nyimak aja ya. He he he.

Jika kita naik mobil apalagi pas macet macetnya pasti bikin Bete banget, lihat kaca samping kiri kanan pemandangannya cumin mobil doang. Tapi sebentar lagi teknologi smart glass akan membuat kaca mobil menjadi menyenangkan.
Kaca pada mobil baik, di depan, samping atau belakang sebentara lagi akan menggunakan teknologi smart glass. Berbagai fitur aplikasi diciptakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan teknologi bernama WOO (Windows of Oppurtunity), proyek “GM Advance Tech Window” ini dikembangkan oleg perusahaan GM beserta mahasiswa di periset Future Lab di Bezalel Academy of Art and Design.


Fitur/aplikasi yang tersedia diantaranya adalah

1. App POND:


Bisa dipakai untuk Putar music,lagu kesukaan kamu sambil menunggu sampai di tempat tujuan. Kalau belum cukup, kamu juga bisa mendownload laApp SPINDOW: Dengan aplikasi ini kamu bisa mengintip aktivitas pengguna lain di dunia pada waktu yang bersamaan.



2. App FOOFU: Eksplorasi dan temukan berbagai hal baru dengan menggunakan kaca berembun sebagai media untuk menggambar.




3. App OTTO: karakter animasi yang bisa memberikan informasi terkait kondisi daerah sekitar yang dilintasi mobil dan cuaca. Selain bisa mengusir kebosanan, pengguna bis belajar mengenai lingkungan sekitar dengan cara baru.


Jadi intinya, smart glass menggunakan teknologi sensor optik dan gerakan yang dikembangkan oleh EyeClick. Kaca mobil akan diubah menjadi layar multi sentuh yang peka terhadap sentuhan dan bermuatan listrik, sehingga bisa membedakan transparansi dan kejernihan serta menampilkan gambar.

Gampangnya, mirip layar sentuh pada gadget canggih yang lagi ngetrend sekarang, hanya saja diterapkan pada kaca mobil. Belum dijelaskan apakah teknologi ini membutuhkan jaringan internet atau tidak. Tapi kalau dilihat dari fitur download musik, pasti koneksi internet diperlukan.

Sebenarnya teknologi koneksi interaktif ini pada umumnya difokuskan untuk penumpang bagian depan dan pengemudi. Tapi peluang yang ada, menjadikan teknologi ini bisa diterapkan pada bangku belakang.


Kalau kamu sering melihat anak-anak mencoret-coret bangku atau kaca mobil bagian belakang, pastinya mereka lagi bosan. Dengan adanya teknologi touchscreen pada mobil dijamin akan menghilangkan kebosanan. Sumber


Semoga artikel di atas tentang Tehnologi Keren ; Kaca Mobil Berteknologi Touch Screen akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi
◄ Newer Post Older Post ►