Kamis, 31 Januari 2013

Mengenal Lebih Jauh Kisah Misteri "Rumah Setan" di Surabaya


Rekan serunique.com, anda sedang membaca informasi tentang Kisah Misteri "Rumah Setan" di Surabaya. Khusus yang sedikit pemberani ya. He he he



Bangunan ini merupakan bangunan jaman dulu yang terlihat menyeramkan, ditambah kalau melihat di malam hari. Bangunan ini merupakan bangunan lama yang terletak di di pojok Reiniersz-boulevard dibangun oleh Kidder J A. Middelkoop, Penguasa di Jawa Bagian Timur di Surabaya antara tahun 18 (H) – 1810, selanjutnya dijual oleh pemiliknya kepada seorang dokter, wargakota Surabaya.

Sejak jaman kolonial belanda dahulu gedung itu memang sudah terkenal di kalangan masyarakat di kota Surabaya sebagai “rumah setan” atau “spookhuis”.

Menurut ceritera “rumah setan” ini ada dua versi. Versi pertama mengatakan bahwa salah-seorang puteri dari salah-seorang pemilik rumah itu membunuh anak-tirinya, hingga roh dari anak yang dibunuh itu gentayangan di sana.

Sedang Versi yang kedua mengatakan bahwa salah seorang dari pemilik gedung itu adalah seorang bekas budak dalam kapal, yang dipunggungnya ada cap bakarnya. Ia berpesan kepada keluarganya supaya bila ia meninggal, jenazahnya jangan sampai dimandikan. Mungkin Keluarga nya itu lupa pesan bekas budak itu dan jenazahnya toh dimandikan, hingga rohnya gentayangan di dalam rumah itu.

Sementara di belakang “rumah setan” ini terdapat sebuah makam, dimana antara lain dikubur jena*zah dari Gubernur Jendral Carel Reiniersz, J.A. Middelkoop, serta is*trinya dan anak tunggalnya N.W. Middelkoop.

Sumber jawatimuran.wordpress.com
◄ Newer Post Older Post ►