Jumat, 04 Januari 2013

[UNIK tapi NGERI] Di Thailand Ada Pasar Paling Berbahaya di DUNIA

Rekan pembaca berita Aktual, unik dan seru, kali ini ada informasi yang sangat Unik di Thailand. Jelasnya sich bukan unik tapi ngeri sekaligus bergidik melihatnya. [NGERI] Di Thailand Ada Pasar Paling Berbahaya di DUNIA. Bayangkan, di tengah pasar ada kereta api yang setiap lewat. Di tengah pasar. Wooow,iiiiiihhhh. Sebaiknya lihat aja langsung ya beritanya :


Kalau dilihat secara sekilas, Pasar Maeklong di Thailand kelihatan sama seperti pasar tradisional lainnya, menjual buah dan sayuran. Tapi ternyata, pasar ini adalah yang paling berbahaya di dunia. Bayangkan, lapak dagangannya cuma 2 cm dari rel kereta.

Sebenarnya Pasar Maeklong atau yang juga biasa dikenal dengan nama Pasar Kereta Api Maeklong adalah pasar tradisional di Samut Songkhram, Thailand. Pasar ini dikenal sebagai  pasar yang paling berbahaya di dunia. Bukan karena barang yang dijualnya, tapi karena lokasinya yang sangat dekat dengan rel kereta api.



Jika biasanya pasar hanya mengambil lahan di bantaran rel, sekitar 5-10 meter dari rel, tapi pasar ini cuma butuh 2 meter untuk menggelar lapaknya. Bukan hanya itu, pedagang di sini juga mendirikan tenda hingga ke tengah rel. Lalu, bagaimana jika kereta datang?

Seperti yang detikTravel lihat dari situs Migrationology, Kamis (3/1/2013), Pasar Maeklong seperti akan 'membeku' saat kereta datang. Para pedangang dan pembeli seakan sudah lihai dengan semua itu. Begitu sirine berbunyi tanda kereta akan datang, semua bersiap. Para pembeli akan melipir ke tempat paling aman yang jauh dari kereta. Sedangkan pedagang akan merapihkan tenda mereka.



Yang unik adalah, tenda yang mereka buat memang sengaja didesain untuk bisa dilipat. Mereka hanya perlu menggotong tiang tenda jauh dari rel. Sedangkan barang dagangannya tidak ada yang disingkirkan.

Sedangkan kereta akan berjalan pelan, sekitar 15 km/jam. Bagian bawah kereta hampir menyentuh barang dagangan di pasar ini. Para pendagang seakan sudah fasih menaruh barang jualannya agar tidak terkena kereta, walau hanya dengan jarak 2 cm dari rel.



Setelah kereta melintas, para pedagang akan menggelar lagi tenda mereka. Pembeli berdatangan, aktivitas pasar normal kembali. Para pembeli akan menjadikan rel sebagai jalan setapak untuk mereka, berpindah dari toko yang satu ke toko lainnya.

Sebenarnya, sudah berulang kali pemerintah setempat berusaha mengusir para pedangang. Tapi apa boleh buat, penjual di pasar ini mengaku mereka sudah menempati tempat ini lebih dulu jauh sebelum rel dibuat, yaitu pada tahun 1905.

Dalam setiap harinya, kereta akan melalui jalan ini sebanyak 7 kali. Di pagi hari ada 4 kereta yang lewat, dan sisanya siang dan sore hari. Para pedangan seperti sudah hapal dengan jadwal lewatnya kereta. Jadi, mereka sudah siap untuk merapikan tendanya. Apakah Anda berani berbelanja di pasar ini?.(*)

Sumber: travel.detik.com

Bagaimana komentar anda ? +Mukti Effendi  sangat mengharapkan anda tidak hanya membaca dan berkunjung tapi juga memberikan komentar. He he he. Atau bisa juga dengan chatting di bagian kanan atas tuh ada.

Semoga artikel di atas tentang [NGERI] Di Thailand Ada Pasar Paling Berbahaya di DUNIA akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi
◄ Newer Post Older Post ►