Kamis, 03 Januari 2013

[Paling Wah] Rungis, Pasar Makanan Terbesar Di Dunia

Rekan SerUnique.com yang sangat baik, jumpa lagi dengan saya +Mukti Effendi admin blog berita aktual, seru, unik dan aneh. Semoga semakin sukses ya. Kali ini saya informasikan pada anda berita yang unik sekali. Yaitu adanya Pasar Makanan Terbesar Di Dunia. Unik khan ? Kalau di Indonesia ada nggak ya ?

Coba anda Bayangkan jika mengetahui sebuah pasar makanan seluas 234 hektar? Itulah Rungis, pasar terbesar di dunia yang ada di Prancis. Pasar yang di dalamnya berisi makanan segar mulai dari buah hingga daging. Rungispasar makanan terbesar di dunia yang berlokasi 7 km dari Kota Paris, punya luas 234 hektar! Pasar ini lebih mirip pabrik dibanding 'pasar' secara harfiah.

Tak heran Prancis menjadi kota kuliner kenamaan dunia. Di sinilah tempat para koki belanja makanan segar tiap harinya mulai dari daging, seafood, roti, keju, hingga potongan bunga segar, Setidaknya ada 18 juta konsumen yang berkunjung setiap harinya. Wah berarti sejumlah penduduk beberapa kecamatan tuh.


Makanan Apa Saja Yang Dijual ?

Adapun makanan yang dijual pun tak tanggung-tanggung, 1.451.388 ton setiap harinya. Maka tidaklah heran Rungis punya stasiun kereta dan jalan tol sendiri untuk distribusi semua barang dagangan. Pasar seluas 234 hektar ini terdiri dari beberapa bagian besar (paviliun) yakni 1 paviliun untuk ikan dan seafood, 9 paviliun untuk buah dan sayur, 4 paviliun untuk mentega-telur-keju, dan 1 paviliun untuk bunga-bunga segar.

Menjadi Wisata Kuliner

Tahu nggak, Pasar yang resmi dibuka pada 3 Maret 1969 ini akan memenuhi hasrat wisata kuliner Anda. Bukan produk jadi memang, tapi bahan-bahan segar inilah yang akan masuk di perut Anda saat wisata kuliner di Kota Paris. Buah dan sayurnya luar biasa segar. Kentang, bawang-bawangan, aneka jamur besar-besar, juga buah-buahan tropis dengan kematangan yang pas. Paviliun ikan dan seafood menjual aneka ikan air laut dan air tawar, kerang-kerangan, lobster, cumi, gurita, termasuk produk beku.

Waktu Aktivitas Pasar

Semua aktivitas di Rungis dimulai tengah malam, hingga pukul 06.00 pagi waktu setempat. Wisatawan bisa datang paling lambat sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat agar tidak ketinggalan segala aktivitas di dalamnya. Ada syaratnya ? Ya, Sebelum masuk, tiap orang wajib memakai baju serba putih layaknya di pabrik.

Bagaimana pendapat anda ? Oke khan. Silahkan komentarnya

Informasi di atas diambil dari sumber ini


Semoga artikel di atas tentang [Paling Wah] Rungis, Pasar Makanan Terbesar Di Dunia akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi
◄ Newer Post Older Post ►