Selasa, 14 Februari 2012

8 desa Rawan bencana

Pancur-8 desa dikecamatan Pancur diindikasikan termasuk desa Rawan longsor dan 3 desa rawan banjir. Kondisi ini perlu diwaspadai seiring adanya curah hujan yang tinggi.


Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Kecamatan Pancur Satrio Wibisono mengatakan Desa kategori rawan tanah longsor meliputi desa Wuwur, Sidowayah, Kali Tengah, Criwik, Ngroto, Trenggulunan, Banyurip dan Ngulangan. Kondisi letak geografis ke 8 desa di lereng gunung dan perbukitan. Sedangkan untuk desa rawan banjir desa Karas Kepoh, Jeruk dan Tuyuhan, ke tiga desa berbatasan langsung dengan sungai.


Untuk itu warga yang berada di wilayah rawan bencana tersebut di harapkan selalu siaga bencana yang mungkin bisa saja sewaktu-waktu terjadi, untuk itu perlu kewaspadaan yang sangat tinggi.


Satrio Wibisono menambahkan, walaupun 11 desa masuk dalam kategori rawan tanah longsor dan banjir, tidak menutup kemungkinan desa-desa lainnya juga siaga menghadapi segala bencana yang mungkin bisa saja terjadi, seperti banjir dan angin puting beliung yang menjadi catatan tersendiri bagi sebagian warga di Kecamatan Pancur.


Sebagai langkah antisipasi bila terjadi bencana, pihak kantor kecamatan Pancur melalui kepala desa dan seluruh elemen masyarakat dan warga diminta untuk segera melapor ke Satkorlak Kecamatan apabila terjadi bencana agar cepat tertangani. (Heri )

◄ Newer Post Older Post ►