Kamis, 16 Februari 2012

Sosialisasi pengentrian data nilai administrasi Ujian nasional

Rembang-Dinas pendidikan kabupaten Rembang kemarin memberikan sosialisasi pengentrian data nilai kepada peserta di Aula Dinas pendidikan. Sosialisasi melibatkan perwakilan dari guru SMP/SMA sederajat.


Menurut keterangan Sekertaris panitia Ujian nasional (UN) kabupaten Rembang Joko Sutrisno, Keberadaan persentase kelulusan untuk tahun ini ada perbedaan sedikit yang terletak pada nilai raport. Yakni ditentukan oleh nilai akhir (NA). Hal ini dikarenakan NA yang diperoleh dari 40 persen nilai raport mata pelajaran yang diujiankan dan 60 persen lainnya adalah nilai UN.


Dijelaskan Joko, Perbedaan tersebut terletak pada nilai raport mata pelajaran yang diujiankan untuk tingkatan SMP/MTs sederajad, mencakup nilai mulai dari semeter satu sampai semeter lima. Sedangkan untuk tingkatan SMA/MA sederajat nilai raport mata pelajaran yang diujiankan hanya mulai dari semester tiga hingga lima.


Joko sutrisno menjelaskan karena ada perbedaan penentuan Nialai akhir maka sosialisasi sesegera mungkin dilakukan dengan para kepala sekolah baik SMP/SMA sederajad


Joko Sutrisno yang menjabat kasi Kurikulum SMP/SMA mengatakan, tahun lalu dalam melakukan entri nilai raport yang dikirimkan ke provinsi banyak yang terkendala dalam hal perlengkapan. Seperti halnya pola pengiriman nilai bagi sekolah yang saat ini menggabung dengan sekolah yang lolos persyaratan pelaksanaan UN.


Disebutkan, kendala teknis saat mengirim data di tahun sebelumnya juga masih mendominasi. Hal ini dikarenakan pengiriman yang dilakukan melalui modem yang kecepatannya terbatas. Peserta didik dikatakan lulus apabila nilai rata-rata NA paling rendah 5,5. Dengan catatan masing-masing nilai mata pelajaran paling rendah 4,0.(fandi )

◄ Newer Post Older Post ►