Selasa, 18 September 2012

7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut merupakan salah satu mahkota manusia. keberadaan Rambut juga mendominasi penampilan setiap orang terkhusus bagi kaum wanita. berbagai cara dilakukan agar rambut menjadi subur dan sehat. berikut 7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut yang dapat dilakukan.





1.  Menyisir dan menyikat rambut 

Menyisir dan menyikat rambut Anda setiap hari tidak hanya merapikan dan membersihkan rambut, tetapi juga meningkatkan suplai darah sehingga mengaktifkan aktivitas sel-sel kulit kepala. Gunakan sisir dengan gigi berspasi lebar dan sikat berbulu halus.

2.  Gunakan sampo yang tepat

Pilih sampo untuk rambut kering, normal, berminyak, berketombe, dll, sesuai kondisi rambut Anda. Cuci rambut Anda setidaknya dua kali seminggu. Selalu berkeramas dengan sampo setelah berenang di laut atau kolam renang untuk menyingkirkan garam dan klorin yang dapat merusak folikel rambut. Pastikan Anda selalu membilas rambut sampai bersih setelah selesai berkeramas.

3.  Gunakan kondisioner

Penggunaan kondisioner setelah keramas mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk menyisir rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Penggunaan kondisioner terutama sangat dibutuhkan bila rambut Anda kering. Keringkan rambut basah dan jangan terlalu keras menggosok rambut dengan handuk. Saat rambut basah, strukturnya lebih rapuh sehingga harus dihindari menyisir atau menyikat terlalu kuat. Variasikan gaya rambut. Jika memakai gaya rambut yang memerlukan tarikan pada rambut sebaiknya diselingi gaya rambut lebih longgar untuk menghindari tarikan konstan yang menyebabkan ketegangan folikel sehingga rambut rontok.

4.  Jaga kecukupan protein
Karena rambut terdiri dari protein (keratin), penting sekali bagi Anda untuk mengikuti diet cukup protein untuk mempertahankan produksi rambut. Protein ditemukan pada daging, ikan, unggas, telur, susu, keju, sereal, kedelai dan kacang-kacangan. Jangan terobsesi dengan masalah rambut. Jangan menyentuh atau menarik rambut terus-menerus.

5.  Jangan memakai wig
Penggunaan wig harus dihindari karena membuat kulit kepala Anda tidak dapat bernapas dengan baik dan mencekik lemas folikel Anda. Jilbab, helm, atau topi tidak merusak rambut Anda seperti wig, asalkan berhati-hati saat mengenakan dan melepaskannya.

6.  Hindari sengatan matahari ke kulit kepala

Kita semua tahu mengapa sengatan matahari bisa berdampak serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Sengatan matahari ke kulit kepala juga dapat menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar.

7.  Tidak Mencat Rambut dengan Zat Kimia

Mengubah gaya rambut atau mencat rambut dengan bahan kimia akan merusak pertumbuhan ekosistem kerja rambut. jika ini dilakukan terus menerus, maka rambut kita akan rusak dan ditumbuhi uban yang seharusnya belum terjadi.
◄ Newer Post Older Post ►