Kamis, 27 September 2012

7 Situs Alternatif Selain Wikipedia

wikipedia berencana menutup layanan wikipedia bahasa Inggris selama 24 jam sebagai bentuk protes UU SOPA dan PIPA. Bagi pelajar dan mahasiswa tutupnya Wikipedia tentu menganggu aktivitas mereka, sebab wikipedia seringkali menjadi situs rujukan mereka saat mengerjakan tugas. Berikut 7 Situs Alternatif  yang dapat menjadi alternatif rujukan selain wikipedia.


1. Google Scholar

Mesin pencari Google mencari literatur, artikel, abstrak, tesis dan pendapat hukum dari akademik, masyarakat profesional dan universitas.


2. Wolfram | Alpha

Merupakan layanan online yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Wolfram|Alpha memanfaatkan basis data terstruktur yang dimilikinya, yang kemudian diolah dengan peranti lunak. Bila mesin pencari lain hanya dapat menampilkan informasi yang tersedia bebas di web, Wolfram|Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar, serta informasi offline.


3. Online Libraries

Perpustakaan online di kampus atau sekolah masing-masing.


4. Project Gutenberg

Ada lebih dari 38.000 arsip yang tersedia dalam bentuk ebooks di Proyek Gutenberg, yang dapat anda download ke PC Anda, Kindle, Android atau perangkat IOS.


5. History.com

Jika anda mencari referensi sejarah, History.com dapat menjadi rujukan.


6. Encyclopedia.com

Encyclopedia.com merupakan situs referensi yang menawarkan sumber daya gambar, fakta dan video.


7. Google Translate

Sederhana saja, anda mencari infomasi di internet dan menemukan situs dengan bahasa asing. Untuk itu gunakan Google Translate untuk menerjemahkannya.
◄ Newer Post Older Post ►