Sabtu, 15 September 2012

7 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia

Minyak merupakan kebutuhan yang sangat penting saat ini, hal ini disebabkan bahwa minyak merupakan salah satu sumber daya yang menjadi kebutuhan dan fasilitas Manusia. Keberadaan minyak menjadi salah satu target yang sangat di Incar di berbagai negara. Keuntungan beberapa negara adalah ketika Negara tersebut dianugerahi Ribuan Ton minyak sebagai penghasil untuk Negara Tersebut. berikut adalah daftar 7 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia hingga saat ini.


1. Arab Saudi

Arab Saudi mempunyai hampir 20% cadangan minyak dunia dan merupakan pengekspor minyak terbesar. Sekitar 11% impor minyak Amerika Serikat berasal dari Arab Saudi pada tahun 2005. Hingga sampai sekarang pun Arab Saudi masih dikenal sebagai Negara pengexpor minyak terbesar di dunia.

2. Iran

Iran mempunyai 10% cadangan minyak dunia. Tetapi negara tersebut terkena sanksi ekonomi dan ekspor, oleh karena itu tidak berkontribusi secara langsung terhadap impor minyak Amerika Serikat.

3. Irak

Ekonomi Irak lebih banyak di dorong oleh sektor minyak. Dengan menguasai 8% cadangan minyak dunia, pendapatan negara 95% bergantung pada minyak.

4. Uni Emirat Arab

Cadangan minyak dan gas bumi Uni Emirat Arab dapat bertahan selama lebih dari 100 tahun. Selama 30 tahun terakhir ini cadangan minyak Uni Emirat Arab berjumlah 7% cadangan minyak dunia. Uni Emirat Arab telah berubah dari negara miskinmenjadi negara dengan standar hidup yang tinggi.

5. Kuwait

Kuwait adalah negara kecil tetapi kaya yang mempunyai cadangan minyak hampir sama dengan Uni Emirat Arab. Setelah bebas dari invasi Irak, Kuwait telah menghabiskan lebih dari US$5 milyar untuk memperbaiki infrastruktur minyak.

6. Libya

Negara di utara Afrika yang menguasai 3% cadangan minyak dunia ini, hampir seluruh ekonominya bergantung pada ekspor minyak yaitu 95%.

7. Nigeria

Nigeria adalah negara kaya minyak yang menguasai 2,5% cadangan minyak dunia, dan hampir keseluruhan ekonominya bergantung dari sektor minyak.
◄ Newer Post Older Post ►