Kamis, 13 September 2012

7 Gejala Penyakit Kanker

Walaupun setiap jenis kanker memiliki karakteristik dan gejala sendiri yang spesifik, ada beberapa gejala umum kanker yang sebagian besar muncul pada semua jenis kanker.  Beberapa jenis kanker memang tidak memiliki gejala khusus sampai tahap terakhir sehingga skrining rutin dan penilaian risiko merupakan suatu keharusan. Berikut 7 Gejala Penyakit Kanker yang sebaiknya tidak Anda abaikan supaya bisa melakukan deteksi sedini mungkin versi 7Top Ranking. 

1. Penurunan Berat Badan yang tidak beralasan

Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas dapat menjadi salah satu tanda-tanda utama Anda mungkin menderita kanker. Kondisi ini paling sering terjadi pada kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru. 

2. Perubahan kulit 

Adanya perubahan warna kulit atau warna tahi lalat yang sudah ada atau munculnya lesi baru. Kanker kulit dapat berkembang di beberapa bagian tubuh, terutama pada orang yang sering mengunyah tembakau, merokok, minum alkohol, atau luka pada kulit yang tak kunjung sembuh.

3. Perubahan pola BAB

Perubahan kebiasaan buang air besar atau fungsi kandung kemih seperti sembelit, diare, perdarahan dalam urine.

4. Bintik putih di lidah

Kondisi ini juga dikenal sebagai lenkoplakia yang dapat berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan prakanker yang disebabkan iritasi. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker mulut.

5. Perdarahan tidak biasa 

Itu bisa terjadi pada kanker tahap dini atau lanjut. Darah dalam dahak (lendir) mungkin merupakan tanda dari kanker paru-paru. Darah pada tinja bisa menjadi tanda kanker kolon atau kanker rektum. Kanker leher rahim atau endometrium (lapisan rahim) dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal. Darah dalam urine mungkin gejala kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Darah dari puting mungkin tanda kanker payudara.

6. Benjolan di payudara atau bagian tubuh lain 

Gejala ini dapat disebabkan oleh alasan lain, selain kanker. Dokter adalah orang terbaik untuk mengidentifikasinya. Daripada menunggu untuk gejala semakin parah lebih baik Anda menjalani pemeriksaan kesehatan berkala.

7. Gangguan pencernaan atau sulit menelan 

Kondisi ini biasanya berhubungan dengan kanker perut atau kerongkongan. Segera memeriksakan dan mengobatinya merupakan cara terbaik guna mencegah perkembangan lebih lanjut.
◄ Newer Post Older Post ►